Berpikir

Berpikir adalah sesuatu yang lumrah dikerjakan hampir semua orang sebagai bagian dari aktifitas hariannya, juga dalam rangka memahami kejadian, menyelesaikan persoalan, atau dalam rangka meraih sesuatu. Berpikir adalah aktifitas otak, tetapi aktifitas otak belum tentu adalah berpikir.  Selanjutnya berpikir sendiri memegang fungsi salah satunya mengendalikan aktifitas otak, dari sekedar aktifitas biologis, menjadi aktifitas filosofis, bermakna, religious, bahkan terkadang penuh perasaan.

Kemudian timbullah cara dan tata urutan orang dalam berpikir. Ada sebagian yang berpikir atas reaksi pada kejadian, persoalan, atau tuntutan kebutuhan dan mereka berhenti disitu. Di bagian lain ada juga orang yang berpikir atas dasar imajinasi, khayalan, impian, dan cita-cita. Dua kelompok ini kemudian membentuk cabang-cabang masing-masing sehingga timbul kelompok-kelompok sempalan yang lebih banyak lagi berangkat dari kedua pangkal tadi.

Sehari-harinya manusia berpikir dan otaknya senantiasa melakukan aktifitas filosofis dengan atau tanpa mereka sadari. Sebagian dari aktifitas itu kemudian melahirkan pemikiran baru,  pandangan baru, pengetahuan baru ataupun solusi baru atas suatu masalah dan persoalan. Sebagian lain tenggelam bersama waktu karena belum sempat terbagi dengan orang lain, sengaja disembunyikan oleh penghasilnya karena suatu alasan, atau tertindih pemikiran lain yang dianggap lebih baik, lebih benar, lebih hebat, dan seterusnya.

Pada kenyataannya hasil dari aktifitas otak ini telah menjadikan peradaban manusia senantiasa tumbuh dan berkembang, jauh meninggalkan hasil aktifitas otak binatang. Manusia kemudian diantarkan oleh hasil pemikiran dan aktifitas otaknya pada sebuah dunia yang penuh dengan budaya berpikir filosofis, teologis, dengan berbagai metodologi dan aliran yang ada. Tidak ada manusia yang idak berpikir dan berbudaya, seprimitif apapun mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: