Semangat Hidup

Semangat hidup sering menjadi teman besar dalam kajian-kajian dan pembicaraan seputar motivasi, kajian psikologi, dan bahkan kajian-kajian agama. Semangat hidup berkaitan pada dua hal besar sekaligus, yaitu fisik dan psikologis. Dari situ semangat hidup dipandang sebagai motivasi yang dominan atas segala perilaku manusia. Motivasi hidup mendorong manusia untuk berkeputusan dan menjalankan keputusan-keputusannya.

Berkaitan dengan fisik, semangat hidup dipengaruhi oleh kondisi jasmani yang di topang oleh kondisi seluruh organ tubuh manusia. Badan sehat menjadi faktor utama orang memiliki kekuatan untuk melakukan sesuatu; berpikir, bertindak dan bekerja. Fisik sakit tentu menjadikan aktifitas manusia berkurang dibandingkan bila dalam keadaan sehat. Artinya kesehatan menjadi faktor penting dalam menjaga semangat hidup. Dan bila hal ini disadari maka sampai pada kesimpulan sementara bahwa menjaga kesehatan adalah bagian dari menjaga semangat hidup. Fisik juga memegang peran penting bagi seseorang untuk menjalankan aktivitas berpikir. Fisik lelah dan stress menjadikan banyak orang terhambat dalam berpikir.

Dari segi eksternal fisik membantu seseorang berinteraksi dan bersosialisasi. penglihatan, pendengaran, perasa, pengecap menjadi faktor penting dalam rangka menjaga dan membangun relasi personal dan sosial. Ini berpengaruh pada tingkat capaian dan kualitas hubungan. Fisik cacat sedikit banyak mengurangi tingkat efektifitas dan kualitas hubungan dengan orang lain.

Faktor psikologis juga memegang peran penting dalam menjaga semangat hidup. Faktor psikologis ini memegang fungsi penting pada bagian berpikir, keberanian mengambil keputusan, analisa, hingga keputusan untuk mengabil resiko. Faktor psikologis juga berperan dalam setiap orang dalam memilih, menerima, menolak, berinteraksi sosial, kecepatan dan ketepatan bertindak, hingga kemampuan menghadapi persoalan dan bencana.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: