Pendidikan yang menyadarkan (1)

Sekali lagi, para pegiat di komunitas belajar qaryah thayyibah dihadapkan pada kenyataan bahwa aturan atau mekanisme yang dihasilkan ternyata tidak mewadahi segenap kepentingan warga belajarnya. mekanisme yang sejatinya untuk memfasilitasi seluruh warga belajar agar nyaman dan terjamin kegiatan belajar, berkarya, berpikir dan beraktualisasi diri, justru di gugat oleh para warganya. mekanisme yang ada justru terasa menjadi momok, menghambat kreatifitas, memasung kebebasan dalam beraktifitas, dan merespon segala sesuatu dengan hukuman. seakan tiada opsi lain.

Mekanisme yang telah di tetapkan dan dijalankan sekitar 5 bulan inipun akhirnya menimbulkan keresahan disana-sini.  beberapa warga menyuarakan ketidak puasan terhadap mekanisme yang ada. ada yang berani langsung omong kepada para pendamping dan orang-orang yang menjalankan sistem itu / kaya semacam pengawal system. tapi tidak sedikit yang ngomong dibelakang karena merasa usulan mereka akan mental ketika disampaikan dalam forum pendamping.

karena kondisi yang semakin genting menyebabkan warga belajar terbagi dalam beberapa blok sikap. ada yang mendukung system tetap diberlakukan mengingat system dihasilkan dari diskusi panjang dan mendalam atas mekanisme yang ideal untuk menjalankan idealisme yang senantiasa di jaga di qaryah thayyibah. ada juga yang mendesak agar sistem di bongkar karena dianggap membelenggu kebebasan dan kegiatan masing-masing. apa-apa selalu di jatuhi hukuman (walaupun hukumannya adalah menulis). sehingga dirasa warga menjalankan sesuatu bukan karena kebutuhan dan kesadaran, tetapi karena takut hukuman.

kondisi ini kemudian mendorong di gelarnya workshop dalam rangka membahas kembali mekanisme yang telah di jalankan. alokasi waktu 4 hari, mulai hari rabo- hingga sabtu, 31 Maret- 2 april 2011. alokasi waktu di beri cukup banyak mengingat agenda pembahasan di bagi atas beberapa hal krusial yang di duga menjadi titik permulaan terjadinya perselisihan dan ketidak puasan. setelah rembugan awal akhirnya disepakati ada 20 hal yang akan dibahas satu demi satu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: