Bersatu,…..

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Makna hari sumpah pemuda ada pada bangkitnya kembali kesadaran para pemuda untuk melawan penjajah. Kesadaran ini bangkit kembali setelah selama ratusan tahun bangsa ini mencoba melawan penjajah namun tak juga berhasil. Mulai tahun abad 16 ketika bangsa Eropa mulai menjajah hingga abad 20, perjuangan melawan penjajah selalu gagal. Mereka berjuang sendiri-sendiri, sesuai dengan kepentingan mereka sendiri, dan bahkan kadang justru menjadikan penjajah sebagai sekutu demi mengalahkan musuh sebangsa. Dari situ memunculkan pemahaman dan kesadaran bahwa perjuangan yang dilakukan sendiri-sendiri mudah dipatahkan. Semua elemen bangsa kemudian merasa sendiri, merana sendiri, dan menderita sendiri. Ini akhirnya menjadi pukulan psikologis bagi kebesaran bangsa Indonesia.
Belakangan bahkan muncul kesadaran bahwa perpecahan dan cerai berai bangsa Indonesia ini sengaja diciptakan oleh penjajah. Dengan demikian kekuatan yang tadinya besar akan melemah dengan sendirinya karena akibat dari perpecahan itu. Sehingga penjajah justru diuntungkan dengan adanya perpecahan ini. Perpecahan  menggerogoti kekuatan bangsa Indonesia dari dalam. Sehingga penjajah tidak perlu bersusah payah mengeluarkan beaya perang dan pasukan besar untuk mematahkan gerakan perlawanan bangsa Indonesia. tapi cukup dengan memecah belah dan mengadu domba, dan masalah selesai.
Maka pemuda kemudian bangkit sehingga lahirlah Jong Java, Jong Borneo, Jong Celebes, Jong SUmatera, Jong Maluku dan lainnya. Kemudian lahirlah sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 dimana seluruh elemen pemuda indonesia bersatu. Secara simbolis tekad untuk bersatu ini diwujudkan dalam satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air. Walaupun menurut muhammad yamin menyatakan bahwa ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Akan tetapi bersatu dalam hal apapun intinya adalah upaya untuk menggalang dan menyatukan kekuatan bangsa Indonesia yang selama ini terpecah belah, tercerai berai dan di adu domba. Dan bangsa, tanah air serta bahasa kemudian menjadi isu yang menyatukan seluruh pemuda indonesia kala itu.
Semangat persatuan pemuda inilah yang harus diteladani saat ini. pemuda harus bersatu, kompak dan tidak tercerai berai agar tidak kehilangan kekuatan dan momentum dalam menghadapi persoalannya. Pemuda saat ini kebanyakan sibuk dengan urusan dirinya sendiri, orientasinya adalah kesuksesan diri sendiri dengan mengabaikan kemajuan dan kesuksesan pemuda secara umum. Maka ketika menghadapi masalah dan gagal kemudian merasa yang paling galau, paling merana, paling menderita. Ini akibat dari tercerai berainya pemuda karena tidaka da sesuatu yang mengikat.
Sehingga sudah saatnya pemuda menyatukan diri untuk menggalang kekuatan, membangun kesuksesan bersama, keberhasilan bersama. Pemuda yang bersatu tentu sulit diperalat dan dijadikan sasaran penjajahan kepentingan di luar dirinya. Sebaliknya pemuda yang terpisah-pisah mudah saja di cerai beraikan dan bahkan di adu domba. Mudah telribat tawuran, pengeroyokan, perkelahian, dan beberapa hal negatif lainnya. Jika hal ini yang terus menerus terjadi maka pemuda akan semakin terpuruk dan jatuh dalam kehancuran. Masa depan bangsa pun kemudian menjadi tidak jelas dan suram.
Jika kekuatan pemuda terbangun dan kuat, maka pemuda bisa berperan untuk kemajuan bangsa, selain tentunya dirinya sendiri juga sukses. Suara pemuda, karena kuat dan kompak akan di dengar dan menjadi bahan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan. Tuntutan pemuda juga akan diperjuangkan karena merupakan suara penerus bangsa karena jika tidak berarti bangsa ini justru menyiapkan ancaman di kemudian hari. Pemuda yang kuat juga akan disegani elemen elemen bangsa ini sehingga akan mendapatkan ruang dan kesempatan untuk berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: