Anda pemilih yang manakah?

Survey bisa menunjukkan banyak hal yang mungkin selama ini sering diabaikan atau tertutupi. Padahal dari survey bisa ditemukan hal-hal menarik untuk dianalisis, bahkan dijadikan bahan lelucon yang berkualitas. lantas, apa hubungannya dengan anda sebagai pemilih?

Litbang Kompas merilis hasil survey terkait pilpres 9 juli 2014 lalu yang diikuti 2 pasang capres Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Survey terbagi atas pekerjaan, partai yang dipilih, jenis kelamin, usia, wilayah dan kelas sosial. Hasilnya menarik sekali untuk anda cermati, dan siapa tahu sesuai dengan anda.

Bidang pekerjaan menarik untuk disimak karena masyarakat terbagi habis atas bidang-bidang pekerjaan, termasuk di dalamnya pengangguran. Pekerjaan dibagi atas pelajar/mahasiswa, ibu rumah tangga, tidak bekerja, pensiunan, pegawai negeri sipil, pegawai swasta, petani/nelayan, pedagang dan kelompok lainnya. Dari kelompok pekerjaan ini Jokowi-JK unggul dari Prabowo-Hatta.

Penjelasannya adalah sebagai berikut: Ibu rumah tangga, petani/nelayan, pelajar/mahasiswa, pedagang dan kelompok lainnya, Jokowi mendapatkan 55,2%, 59,4%, 54,1%, 51,3% dan 53,9%. Sementara pasangan Prabowo unggul di bidang pekerjaan pensiunan, pegawai negeri sipil, pegawai swasta, dan mereka yang tidak bekerja. Dari kelompok ini Prabowo-Hatta, mendapatkan kemenangan masing-masing: 61,3%, 64,8%, 59,6% dan 52,4%.

Sedangkan berdasarkan kelas sosial survey membagi menjadi 3 jenis yaitu kelas bawah, menengah dan atas. Jokowi-JK unggul di kelas bawah dan atas dengan kemenagan di kelas bawah 55,5% dan kelas atas 54,4%. Sedangkan Prabowo-JK unggul di kelas menengah dengan kemenangan 51,5%. %

Pembagian kelompok lainnya adalah berdasarkan wilayah dan jenis kelamin. Untuk Wilayah terbagi atas pedesaan dan perkotaan. Jokowi-JK unggul di pedesaan dengan tingkat kemenangan 53,4%. Sedangkan Prabowo-Hatta ungguk di wilayah perkotaan dengan kemenangan sebesar 50,6%. Adapun berdasarkan jenis kelamin, untuk laki-laki Jokowi-JK dan Prabowo-hatta bermain seri alias 50%:50%. sedangkan di kalangan perempuan Jokowi-JK lebih unggul dengan perolehan 54,6% pemilih.

Untuk pemilih berdasarkan usia, pemilih terbagi atas 4 kelompok dengan rentang usia 17-21, 22-30, 31-55 dan 55 tahun ke atas. Lagi-lagi Jokowi unggul dalam tingkat umur ini dengan memenangi 3 kelompok dari 4 kelompok rentang usia yang ada. Jokowi-JK unggul di rentang 17-21, 31-55 dan 55 tahun ke atas. Perolehan kemenangannya adalah 50,5%, 53,2% dan 52,5%. Pra%bowo-Hatta unggul di kalangan pemilih pada rentang usia 22-30 tahun dengan tingkat kemenangan 50,3%.

Satu hal yang cukup menarik selain hasil di atas adalah pengelompokan pemilih berdasarkan pulau. Kompas membagi pemilih yang di survey berdasarkan pulau-pulau sebagai berikut: SUmatera, Kalimantan, SUlawesi, Papua dan Maluku, Jawa, serta Bali dan Nusa Tenggara. Di semua pulau yang disebutkan tadi pasangan Jokowi-JK unggul. Tidak ada satupun di pulau yang disebutkan tadi Prabowo-Hatta mengungguli Jokowi. Rinciannya kemenangan pasangan Jokowi-JK di pulau-pulau tersebut adalah sebagai berikut: Sumatera 50,68%, Kalimantan 57,17%, Sulawesi 57,50%, Maluku dan Papua 59,69%, Jawa 51,35% serta Bali dan Nusa Tenggara mencapai 53,73%.

Dimanakan anda dan apakah ada kesesuaian dengan hasil survey ini?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: