Meningkatkan Produktifitas dari Internet

Saat ini hampir setiap orang tidak bisa terlepas dari internet. internet merupakan hasil teknologi yang memberikan perubahan besar dalam beberapa dasawarsa terakhir. Dengan internet banyak hal bisa menjadi mungkin, dan banyak hal bisa dilakukan dengan cepat,murah,serta menghilangkan sekat birokrasi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi kemajuan internet kadang ditanggapi negatif baik berupa rasa takut, khawatir, hingga penegasan diri untuk menghindar dari internet. Hal ini tentu akan berat dan sia-sia karena internet telah menyusup dalam logika, budaya dan akhlak bangsa. Maka bijaksana terhadap internet mungkin langkah yang realistis daripada menghindarinya.

Diantara langkah bijaksana dari adanya internet adalah dengan meningkatkan produktifitas diri. Karena di internet tersedia sedemikian banyak hal dengan akses yang mudah, murah, tidak terbatas waktu dan gratis. beberapa hal yang bisa dilakukan diinternet untuk meningkatkan produktifitas adalah sebagai berikut:

  1. Membaca.
    Membaca adalah menggali informasi, pengetahuan, data, referensi dan lain sebagainya. Di internet ada banyak bahan bacaan dari berbagai sumber yang bisa dipercaya. Bentuknya bisa artikel, opini, berita, feature, cerita, naskah, jurnal, hasil riset dan banyak lagi.
    Di internet juga bisa didapatkan banyak video tutorial, karikatur pengetahuan, laporan penelitian, musik, film dan banyak lagi. Anda bisa membeli bahan bacaan tersebut dan kalau keuangan anda terbatas anda bisa mencari yang di share gratis.
    Membaca di internet tidak perlu menunggu anggaran beli buku, antre pinjam buku di perpustakaan, dikejar jam buka tutup dan lain sebagainya. Sepanjang punya akses internet sepanjang itu pula anda bisa melakukan kegiatan membaca. Bisa pagi, siang, sore, dini hari, di bus, sambil antre di warteg, sambil ngopi di kucingan, dan seterusnya. Dalam satu jam berinternet misalnya anda bisa mengalokasikan sekitar 15-20 menit untuk membaca beberapa judul tulisan sampai selesai.
  2. Menulis
    Menulis merupakan kegiatan menuangkan gagasan, pemikiran, karya, kritik, analisis, dan lain sebagainya. Menulis merupakan kegiatan lain dari internet yang bisa meningkatkan produktifitas selain membaca. Bahkan menulis dan membaca sebenarnya adalah siklus dimana orang akan membaca ketika hendak menulis, dan orang akan kehabisan bahan serta mencari inspirasi diantaranya dari membaca. Di internet tulisan bisa disimpan di drive/cloud agar tidak hilang, di blog untuk dipublikasikan, di media sosial dan di tempat lainnya. Otomatis tulisan anda tersimpan dan anda terbantu untuk mengkasesnya dikemudian hari. Adapun pilihan tempat terbaik untuk menaruh tulisan anda tentu terletak pada kebijakan anda sendiri. Apakah di media sosial, di blog, di cloud itu terserah anda. Yang penting adalah anda bisa melakukan kontrol sepenuhnya termasuk aspek keamanan atas tempat anda menyimpan.
  3. Berdiskusi
    Berdiskusi adalah kegiatan untuk bertukar pikiran, gagasan, informasi, pandangan, dan lain sebagainya terkait dengan sebuah atau lebih tema. Diskusi dibutuhkan untuk menambal kekurangan-kekurangan kita, mencari informasi baru, sumbang saran atas penyelesaian sebuah persoalan, kritik atas konsep, dan lain sebagainya. Dengan adanya internet anda bisa meningkatkan produktifitas anda dengan berdiskusi. Diskusi bisa dilakukan di media sosial, di group, dan lain sebagainya. Diskusi di internet bisa berjalan panjang tanpa batasan waktu dan tempat. Diskusi di internet juga bisa sekaligus sambil melihat dan mencari referensi saat tema yang dibicarakan masih hangat.
    Kita bisa melempar sebuah tema untuk dimintakan pendapat dan didiskusikan bersama anggota group atau publik. dari diskusi kita akan bertambah wawasan, gagasan, memahami alur berpikir kawan diskusi dan bahkan tak jarang mendapat tawaran solusi atas masalah yang tengah dihadapi.
  4. Berjejaring dan membangun relasi
    Mengembangkan jaringan atau networking adalah upaya untuk membangun jaringan teman dan rekan baik untuk kepentingan usaha, bisnis, dan kepentingan lain. Jaringan juga bisa berbentuk hubungan antar personal ataupun ketika mewakili lembaga, organisasi ataupun perusahaan. anda bisa dengan mudah dan cepat membangun networking melalui internet. Jejaring atau networking ini suatu saat bisa berguna bagi diri, karier dan masa depan. Relasi dan networking yang baik bisa mendukung bisnis, pemasaran, karier politik, pengembangan diri, dan lain sebagainya.
    Dalam setiap satu jam berinternet misalnya, anda bisa menggunakan sekitar sepertiganya untuk membangun dan memelihara jaringan atau relasi yang telah dan akan anda miliki. Anda akan bertambah koneksi dan di waktu-waktu tertentu akan memperoleh kesempatan dan peluang yang mungkin tidak terduga sebelumnya.
  5. Berproduksi dan berkarya
    Boleh jadi menulis adalah karya anda di internet. Namun ada banyak karya yang bisa ada hasikan dari ehidupan anda di internet. Misalnya fotografi, puisi, cerpen, lagu, klip musik, film, naskah drama, dan lain sebagainya. Selain itu anda bisa mencari referensi untuk desain baju yang sedang trend, modifikasi mobil atau motor, desain taman, rumah, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuat video tutorial dan anda upload di youtube. anda bisa dapat penghasilan iklan dari sana.
    Di waktu yang lain anda bisa ikut kompetisi pembuatan website, menawarkan produk, mencari lowongan pekerjaan, dan kegiatan-kegiatan produktif lainnya ketimbang berhaha hihi di dunia hiburan yang tahu-tahu menyita waktu dan kuota internet anda. Atau bagi anda yang suka tavelling bisa menuliskan cerita perjalanan anda sembari mempromosikan daerah yang telah anda kunjungi dengan menceritakan keseruan dan keindahan yang anda rasakan di sana. Tahu tahu anda telah beramal baik dengan berpromosi suatu destinasi wisata atau menarik pengunjung melalui tulisan dan foto yang anda posting.
  6. Berorganisasi
    Pernahkah anda menjadi admin sebuah group? sebarapa lamakah anda bertahan menjadi admin? kemudian anda memutuskan untuk menempatkan seorang lagi selain diri anda sebagai admin juga? kemudian anda menambah lagi dan lagi orang lain menjadi admin sementara anda tetap menjadi admin juga?
    Admin dalam group mula-mula mengambil peran untuk mengatur alur diskusi, menegakkan aturan anggota group dan memantau arah dan tema pembicaraan. Seiring berjalannya waktu anggota group makin banyak. tema yang dibicarakan juga menjadi banyak. posisi admin seorang diri menjadi kedodoran untuk menjalankan tugas dan perannya. Kemudian anda membagi pekerjaan tersebut. Pekerjaan yang ada ternyata tidak habis dibagi dua orang, sehingga perlu menambah orang untuk menjadi admin. Demikianlah anda sudah mulai mengasah kemampuan mengorganisir sekian banyak orang dalam group itu untuk bertindak, berkomentar, memposting, dan berlaku sesuai dengan kaidah yang disepakati dalam group tersebut. Seperti itulah kira-kira anda belajar dan mengasah kemampuan berorganisasi. Dibutuhkan ketelatenan, kesabaran, kemampuan mengendalikan emosi, ketegasan, kejelian dan ketelitian dalam menjalin relasi dan tetap berjalannya alur pembicaraan. kira-kira seperti itulah kita berorganisasi.
  7. Aktualisasi diri
    Anda ingin terhindar dari hiruk pikuk hoax dan provokasi kebencian yang tengah mewabah saat ini? Sementara banyak hal yang ingin anda utarakan, wujudkan dan kembangkan di dunia internet? Coba tengok kembali potensi dan kemampuan yang anda miliki dan layak untuk dikembangkan.
    Diintenet anda bisa melakukan banyak hal positif dan progresif untuk mengembangkan diri dan beraktualisasi diri. Hendak menjadi apa diri anda, di tangan andalah keputusan dan langkah itu dibuat, dan internet bisa banyak membantu./

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: