Membangun reputasi atau branding sendiri, mengapa tidak?

Branding sendiri atau personal brand, dimana arus informasi dan komunikasi sangat padat, pengetahuan semakin berkembang dan kebebasan untuk menentukan pilihan, adalah sangat penting dalam rangka seseorang menuju sukses.

Brand adalah ekspektasi, gambaran, dan persepsi yang tercipta di pikiran orang lain ketika mereka melihat atau mendengar tentang nama, produk atau logo. Personal Brand berarti ekspektasi, gambaran, dan persepsi yang tercipta di pikiran orang lain ketika mereka melihat atau mendengar tentang diri seseorang.

Personal brand atau reputasi yang bagus adalah aset yang besar yang dimiliki seseorang untuk meraih sukses. Personal branding  merupakan kunci yang cukup penting di era daring atau online, dan dimana individualitas semakin menguat ini.

Sebenarnya setiap orang sudah menempel dalam diri mereka reputasi atau personal brand tadi, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari, dan tidak mengelola reputasi tersebut secara strtegis, konsisten dan efektif. Anda harus mengontrol brand anda dan Brand itu harus terbangun bagus sehingga akan berpengaruh pada bagaimana orang lain memandang diri anda. Hal tersebut akan membantu anda untuk senantiasa tumbuh dan terlihat berbeda.

Personal brand yang bagus adalah menggambarkan tentang karakter diri anda yang asli, yang dibangun dari komposisi pas atas mimpi anda yang sesungguhnya, terkait dengan tujuan hidup, nilai-nilai yang dianut, keunikan, kejeniusan anda, passion, spesialisasi anda, karakter dan sesuatu yang anda senang melakukannya.

Jika anda membangun brand dengan cara tersebut maka brand anda akan kuat, berbeda, relevan, konsisten, penuh makna, sangat menginspirasi, sangat memberi pengaruh dan akan senantiasa diingat oleh orang lain. Anda akan membuat hidup anda penuh makna, yang akan memperlihatkan kepada orang lain dan membuka kesempatan dan hal itu adalah menjadi peluang bagi anda dan menumbuhkan kemampuan anda untuk mencapai puncak performan anda.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan personal brand

  1. Keaslian dan keotentikan. jadilah diri anda sendiri. anda adalah CEO dari hidup anda. Brand atau reputasi anda mestinya dibangun di atas kepribadian anda yang sesungguhnya. Brand menggambarkan kepribadian anda, perilaku, nilai nilai dan pandangan hidup anda.
  2. anda harus taat dan patuh pada moral dan sopan santun serta etika yang berlaku.
  3. anda perlu membangun konsistensi atau keajegan pada perilaku anda. Ini menuntut keberanian anda. Biasakah anda diandalkan orang lain? apakah anda senantiasa menjaga kualitas dari apa yang anda hasilkan?
  4. fokuslah pada satu hal yang spesifik. epatnya, berkonsentrasi pada bakat inti tunggal atau keterampilan unik. menjadi generalis tanpa memiliki kemampuan yang spesifik tidak akan membuat anda unik, spesial dan berbeda.
  5. anda terlihat sebagai orang yang memiliki kemampuan di bidangnya, memiliki tapenta yang kuat, memiliki pengalaman yang banyak dan diakui sebagai pemimpin yang efektif.
  6. Bedakan diri anda berdasarkan pada brand anda. hal ini butuh ditunjukkan dengan cara yang unik  dan berbeda dari orang lain dan perlu untuk menambahkan nilai lebih bagi orang lain. Langkah ini perlu didefinisikan secara jelas sehingga orang lain yang kita tuju bisa segera memahami apa yang hendak kita sampaikan.
  7. apa yang anda ungkapkan harus berhubungan dengan apa yang menurut target audien anda penting.
  8. Visibilitas atau kenampakan. itu harus disiarkan berulang-ulang, terus menerus, konsisten dan berulang kali sampai tertanam di benak penonton. ini tentang pengulangan dan pekerjaan jangka panjang.
  9. Brand Anda butuh waktu untuk tumbuh. hal tersebut harus dikembangkan secara organik. Anda harus tetap bersamanya, tidak menyerah, percaya pada diri sendiri, dan bersabarlah. Merek hebat telah bertahun-tahun menjadi ikon setelah masa yang panjang, pengorbanan, keberanian, perencanaan dan kesabaran untuk bertahan.
  10. Niat baik. orang melakukan bisnis dengan orang yang mereka sukai. merek pribadi Anda akan menghasilkan hasil yang lebih baik dan bertahan lebih lama jika Anda merasa positif. Anda harus dikaitkan dengan nilai yang diakui sebagai positif dan bermanfaat. Niat baik merek billgate membantu membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui Yayasan Bill & Melinda gates, yang saat ini merupakan yayasan amal terbesar yang dioperasikan secara transparan di dunia.
  11. Kinerja adalah elemen terpenting setelah merek Anda dikenal. Jika Anda tidak melakukan, dan memperbaiki diri secara terus menerus, personal branding akan menjadi tipuan.

 

Sumber: Hubert K. Rapmpersad, Authentic Personal Branding, Jakarta, PPM Publishing, 2008. Diterjemahkan oleh mujab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: