Menulis gagasan itu mudah

Menuangkan gagasan adalah langkah penting dalan menyampaikan ide-ide, pandangan, wawasan, usulan, serta masukan tentang sesuatu. Menuangkan gagasan berarti upaya memindahkan apa yang ada dalam pikiran dan gagasan ke dalam tulisan yang akan mewakili kehadiran pemilik gagasan dalam menjumpai pembaca. Wujud nyata dari penulisan gagasan adalah adanya tulisan atas gagasan tersebut.

Tulisan yang ditawarkan kepada pembaca harus jelas, gamblang, tidak berbelit Belit serta mewakili apa saja yang penulis atau pemilik gagasan hendak sampaikan. Tulisan jelas meningkatkan kemudahan pembaca menangkap pesan dari tulisan itu sendiri. Tulisan yang kabur bisa menimbulkan berbagai penafsiran yang berbeda dan merugikan penulis dalam rangka menyampaikan gagasannya.

Menuangkan gagasan
Sampaikan gagasan anda secara runtut dan telaten. Saat mulai menulis biasanya kita merasa banyak hal yang akan disampaikan. Buatlah daftar mengenai apa saja yang akan disampaikan. Daftar tersebut akan membantu saat anda mengecek apa saja yang telah disampaikan dan apa yang belum. Pastikan tidak ada pengulangan yang tidak perlu dan jangan pula ada hal penting yang terlewat menuliskan.

Kadang sebuah gagasan perlu ditulis dalam tata urutan tertentu untuk memudahkan pembaca memahami. Jika seperti itu maka buatlah alur yang akan anda gunakan sebagai guideline dalam menulis. Anda perlu menentukan mana yang harus disampaikan di depan dan apa yang dipaparkan selanjutnya.

Ibarat orang bermain kartu yang perlu membuat strategi mana kartu yang perlu dilempar di awal permainan dan mana yang selanjutnya. Pastikan semua kartu terlempar dari tangan tetapi anda tidak bisa melempar semua sekaligus. Seperti itu kiranya menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Telaten menyampaikan gagasan satu persatu hingga semua tersampaikan dengan runtut dan tidak ada yang kelupaan.

Saat gagasan yang anda sampaikan mengambil kutipan dan referensi untuk legitimasi dan mendukung gagasan, maka jangan lupa mencantumkan sumbernya. Sebuah gagasan yang memiliki referensi kuat dan valid akan lebih dipercaya pembaca. Mencantumkan referensi juga membantu pembaca menelusuri lebih lanjut atas referensi yang anda pakai sehingga pemahaman pembaca terhadap gagasan anda bisa lebih baik dan lebih utuh.

Pada bagian lain di saat menulis gagasan, penting bagi penulis untuk disiplin dan konsisten pada tema yang diusung dari awal. Kadang penulis bersemangat saat menulis ide idenya dan lepas kontrol terhadap alur pikiran yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga pikiran lain yang kurang relevan dengan tema awal masuk dalam tulisan nya. Hal ini menggangu pembaca memahami dan mengerti pemikiran awal yang seharusnya dicapai saat membaca tulisan kita.

Dalam menulis, orientasi utama adalah pembaca. Penulis perlu membangun kesadaran itu sehingga menjadi pertimbangan dalam memilih istilah, membangun kalimat dan paragraf, serta menyusun alur tulisan.

selamat mencoba

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: