Menjadi Warga Indonesia

Saat menghadapi pemilu  baik pilpres, pileg ataupun pilkada, hingga pilkades warga yang baik akan merasa bahwa pemilihan umum itu kebutuhan masyarakat agar nantinya terpilih orang orang yang kredibel, amanah dan memperjuangkan kepentingan warga dalam pemerintahan. Dengan memilih orang yang tepat maka warga yang menyerahkan mandate kuasanya bisa melakukan control atas orang yang menjabat.

Dibutuhkan adanya kesadaran masyarakat akan kekuasaan rakyat yang dimiliki. Ibaratnya kuasa para pejabat dan penguasa akan tidak sah ketika rakyat tidak mengakuinya. Dibutuhkan kesadaran politik dan berdemokrasi yang cukup sehingga capaian kesadaran masyarakat seperti itu bisa tercapai. Orang yang memiliki kesadaran politik dan demokrasi yang memadai akan suka rela berkontribusi dalam kehidupan politik, peduli terhadap kerja dan kinerja pemerintahan dan peduli pula terhadap persoalan persoalan yang terjadi. Kepedulian itu diwujudkan dengan melakukan kontrol, ikut mengawasi, memberikan kritik, masukan dan aktif berorganisasi sehingga ketika menyampaikan dan menyuarakan aspirasi bisa lebih efektif dan didengarkan.

Pemerintah termasuk pemerintah desa diadakan sebagai jabaran dari cita cita kemerdekaan yaitu mengantarkan bangsa ini menjadi merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Pemerintah dibentuk untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah indonesiadan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Kalau kemudian kesadaran politik dan demokrasi masih kurang atau belum tertanam di kesadaran masyarakat? Tentu kita kembali kepada tugas pemerintah bahwa salah satu tujuan didirikannya pemerintah adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahwa ada warga masyarakat yang bisa memberikan pencerahan, ada ormas atau lembaga lain yang memiliki program pendidikan, tetapi pada akhirnya tugas terakhir ada di pemerintah. Pemerintah memungut segenap pajak sebagai bentuk kontribusi langsung masyarakat pada kelangsungan hidup roda pemerintahan. Pemerintah juga lah yang menerima mandate kuasa rakyat menuju tercapainya cita cita bangsa sebagaimana disebutkan di atas.

Leave a comment